Labels

Permata Bacan

Permata Bacan Termahal

Permata Bacan adalah salah satu batu akik yang paling terkenal di Indonesia. Batu bacan adalah batu khas dari pulau Halmahera di provinsi Maluku. Batu ini juga disebut sebagai batu akik bacan karena oleh masyarakat lokal batu ini lebih familiar dengan nama batu akik ketimbang batu permata karena batu permata mempunyai imej sebagai batu mulia kelas satu di mata orang lokal. Batu ini sudah sangat tenar baik di dalam negeri maupun di kalangan internasional karena banyak orang dari luar negeri yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk mencari koleksi batu bacan karena batu ini sangat sulit didapatkan di luar negeri.

Contoh Batu Permata Bacan Termahal

Batu permata bacan adalah batu yang mempunyai warna umum hijau muda hingga tua. Batu bacan juga mempuyai tingkat kristalisasi yang berbeda – beda karena tidak setiap batu bacan mempunyai umur sama atau berada pada kondisi alam yang sama. Batu bacan dengan umur yang sudah sangat tua cenderung mempunyai tingkat kristalisasi yang tinggi sehingga daging batu bacan tersebut akan lebih transparan dan lebih mudah ditembus cahaya. Batu Bacan dengan umur yang tidak terlalu tua memiliki warna yang lebih keruh tetapi masih bisa ditembus oleh cahaya walaupun tidak semudah batu bacan tua. Batu bacan tua juga lebih gampang dikilapkan daripada batu bacan muda yang cenderung memiliki warna seperti cat matte.
Harga dari batu bacan tua dan muda tidaklah pasti lebih mahal yang tua karena salah satu keunggulan batu bacan adalah batu ini mempunyai serat batu yang membentuk suatu pola atau corak. Biasanya serat batu ini terlihat ketika batu ini disinari dari bawah. Walaupun batunya masih muda, batu bacan bisa berharga sangat mahal jika memiliki corak serat batu yang bagus. Sedangkan batu bacan tua cenderung jarang yang memiliki serat batu yang jelas karena sudah mengalami kristalisasi yang lumayan. Jika batu bacan tua kebetulan memiliki serat yang bercorak sangat bagus dan jelas, maka harga dari batu permata bacan ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Copyright © Gemslove. All rights reserved.